Apa yang harus Anda lakukan ketika bisnis Anda gagal?

17 September 2019/Admin/BISNIS , GAGAL , TIPS DAN TRIK

Bisnis memang lekat dengan berbagai resiko di dalamnya, salahsatunya adalah resiko bisnis mengalami kegagalan. Kegagalan dalam bisnis bisa dialami oleh siapa saja, tidak peduli itu pengusaha pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Di balik kegagalan tersebut ada nilai positif yang bisa kita ambil yaitu pengalaman serta mental yang menjadi lebih kuat untuk menghadapi tantangan kedepannya.

Namun, untuk mendapatkan nilai positif tersebut tidaklah mudah, karena kita tidak boleh menyerah dan segera bangkit, serta segera memperbaiki kesalahan tersebut. Maka dari itu sangat penting memiliki mental yang kuat untuk bangkit dari kegagalan dalam usaha agar tidak berlarut-larut meratapi kegagalan bisnis Anda.

Sebenarnya ketika bisnis mengalami kegagalan, apa yang harus segera Anda lakukan?

Evaluasi Diri

Setelah pikiran Anda jernih, mulailah melakukan evaluasi diri penyebab kegagalan usaha. Mungkin karena manajemen waktu, manajemen keuangan, sistem yang kurang terbangun, produk kurang inovatif, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membuka diri agar orang lain memberikan masukan kepada usaha Anda, catatlah semua masukan yang dibicarakan orang tersebut kemudian lakukan evaluasi pada diri Anda.

 

Perbaiki Mindset

Ketika Anda gagal dalam usaha, tetaplah tenang dan jangan menyalahkan orang lain di sekitar Anda. Anggaplah kegagalan ini menjadi pelajaran agar Anda kedepannya bisa lebih sukses. Percayalah bahwa perusahaan yang besar sekelas Microsoft saja dulu pernah mengalami kegagalan, kalau tidak gagal tidak mungkin bisa sebesar sekarang. Perbaiki mindset Anda bahwa kegagalan bisa menimpa siapa saja dan kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

 

 Bekerja lebih keras

Saat Anda gagal dalam usaha, berarti Anda belum cukup bekerja keras dalam mengembangkan usaha. Orang yang sudah sukses pasti memiliki jam kerja yang lebih banyak dari rata-rata orang bekerja pada umumnya. Karena dengan bekerja lebih keras berarti lebih mendekatkan pada kesuksesan dan menjauhkan dari kegagalan.

 

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Bukan hanya mental yang kuat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha, tetapi rasa percaya diri juga wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Anda harus selalu merasa yakin terhadap apa yang Anda kerjakan, bahwa suatu saat nanti yang Anda kerjakan tersebut akan mengantarkan Anda menuju kesuksesan.

Terus Berpikir Kreatif

Produk yang kurang menarik juga bisa menjadi salah satu faktor kegagalan dalam bisnis. Jadi, sebagai pengusaha cobalah mengamati produk-produk kompetitor Anda, kemudian pelajari tentang produk yang dijual kenapa bisa lebih laku dari produk yang Anda miliki. Setelah Anda mengetahui jawabannya, Anda hanya perlu berpikir kreatif untuk memodifikasi apa yang dilakukan pesaing dengan ide-ide kreatif baru. Hal ini bisa menjadi inovasi usaha baru, sehingga menjadikan Anda lebih maju.

 

Terus Mencoba

Thomas Alfa Edison saja pernah melakukan percobaan sebanyak 9.999, kemudian percobaan ke 10.000, ia baru bisa berhasil menemukan lampu pijar. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika Thomas Edison berhenti pada percobaan ke 9.999? Pasti keberhasilan tidak akan datang menghampirinya. Jadi Anda jangan patah semangat, setiap orang memiliki jatah gagal masing-masing, teruslah mencoba hingga Anda berhasil.

 

Jadi, sudah tau kan apa yang harus segera Anda lakukan ketika bisnis Anda mengalami kegagalan? Tetap semangat dan terus berusaha ya.

 



RELATED POSTS


Recent posts