2 Langkah sederhana membaca permintaan pasar

05 September 2019/Admin/BISNIS , PERMINTAAN , PASAR , BUYER PERSONA , TIPS DAN TRIK

Pernahkah Anda dengar, sebuah perusahaan yang bangkrut karena ternyata produk atau jasanya kurang diterima oleh pasar? Ya, hal itu terjadi karena terjadi perbedaan antara konsep yang diajukan oleh sebuah bisnis/ perusahaan, dengan kebutuhan sebenarnya dari para konsumen di pasar.

42 % bisnis gagal karena tidak ada kebutuhan pasar terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga membuat bisnisnya bangkrut dan tidak menghasilkan apa-apa. Faktor ini merupakan faktor terbesar yang sering terjadi di kalangan para pebisnis pemula karena tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu. Oleh karena itu, pentingnya melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat mengetahui permintaan pasar? Sebenarnya cukup dengan 2 langkah dibawah ini Anda dapat dengan mudah membaca permintaan pasar :

Melakukan pendekatan permintaan

Metode ini menekankan mengenai masalah yang sedang dihadapi orang-orang, atau kebutuhan manusia yang hingga kini masih belum dapat terpenuhi sepenuhnya atau mungkin ada yang telah terpenuhi tapi hasilnya kurang memuaskan. Dari sini Anda dapat menemukan peluang bisnis dengan menawarkan jasa/ produk yang membantu masalah mereka.

Contoh : buruknya kualitas udara di China membuat warganya menginginkan udara bersih, hal ini dimanfaatkan seorang pria dari Kanada dengan menjual udara pegunungan Rocky Mountains dengan menyimpannya ke dalam botol dan kemudian menjualnya ke China seharga $ 43 USD (sekitar Rp. 600.000) per botol kemasan 7,7 L. Pria tersebut adalah Moses Lam, ia meletakkan beberapa botol di Pegunungan Rocky Mountains, Kanada selama 10 jam. Dari proses itulah udara segar dari gunung tersebut diklaim tersimpan dalam botol dengan merk ‘Vitality Air’ dan laku keras di China.

Mengenal calon pelanggan Anda

Anda dapat mengenal calon pelanggan Anda dengan menentukan buyer persona, yaitu karakteristik dari pelanggan ideal untuk bisnis Anda. Menciptakan buyer persona dapat membantu Anda memahami target pasar Anda dengan lebih mendalam. Terlebih dari itu, buyer persona lah yang akan memudahkan proses penyusunan konten, pembuatan strategi pemasaran, pengembangan produk, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa elemen terpenting yang Anda perlukan untuk menciptakan buyer persona:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Tingkat pendidikan
  • Interests (olahraga, literatur, musik, dan sebagainya)
  • Jabatan pekerjaan
  • Rentang pendapatan bulanan
  • Status (single, menikah, atau yang lain)
  • Motivasi pembelian (apa yang membuat persona mau membeli suatu produk?)
  • Buying concern (apa yang dipertimbangkan persona saat membeli suatu produk?)

Demikian tadi 2 langkah sederhana menentukan permintaan pasar, rumus sederhananya adalah temukan masalah – buat produk solusi – kenali target pasar – pemasaran. Jadi tunggu apalagi? Segera bangun bisnis Anda dengan membuat produk yang menjadi solusi masalah orang-orang saat ini.



RELATED POSTS


Recent posts